Minggu, 01 Januari 2012

Contoh Naskah Pidato untuk anak-anak

GURU ADALAH SOSOK INSPIRASI BAGI ANAK NEGERI

Assalammualaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi/Selamat Siang
Salam Sejahtera bagi kita semua...
            Dewan juri yang saya hormati, Bapak Ibu guru yang saya hormati, serta para hadirin sekalian yang berbahagia. Sungguh tiada kata dan ucapan yang lebih indah selain ungkapan rasa syukur kita yang tak terhingga kepada Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karuniaNya bagi kita semua. Shalawat bersimpulkan salam semoga senantiasa tercurahlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.
            Bapak Ibu Hadirin Sekalian yang saya hormati, pada kesempatan ini saya akan menguraikan pidato saya dengan judul “Guru adalah Sosok Insipirasi bagi Anak Negeri”. ketika saya diminta untuk berbicara tentang guru, maka tak lain yang terbersit di benak saya adalah figur yang sangat luar biasa. Guru adalah pahlawan yang selalu dinaungi kesabaran dan ketabahan. Sabar dan tabah dalam membina anak didiknya. Guru adalah pahlawan yang selalu dinaungi keikhlasan dan pengorbanan. Sehingga ia pun rela mempertaruhkan hidupnya hingga pelosok negeri. Karena keikhlasannya, hingga tak terpikirkan oleh nya untuk menghitung berapa ilmu yang telah ia bagikan. Guru adalah pahlawan yang tak pernah lepas dari rasa cinta dan kasih sayang. Menyemangati anak didiknya untuk berani mengukir mimpi dalam jejak perjalanannya.
            Bapak Ibu hadirin sekalian yang berbahagia. Seluruh orang-orang hebat di negeri ini, para pemimpin besar negeri ini merupakan buah dari perjuangan yang tak terbeli dari seorang guru. Perjuangan yang penuh dengan kesederhanaan dan pengorbanan. Perjuangan yang tanpa disadari sesungguhnya memberikan inspirasi bagi anak didiknya. Memberikan contoh sebagai seorang pahlawan bagi bangsa dan negara ini, pahlawan tanpa tanda jasa. Andai saja seluruh anak negeri menyadari ini semua, mencontoh sifat kepahlawanan dari seorang guru maka niscaya dapat dibayangkan betapa indahnya masa depan Indonesia.
            Guru, semoga kau senantiasa menjadi inspirasi bagi anak negeri. Tauladan kepahlawanan yang baik bagi seluruh generasi penerus bangsa indonesia. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan keberkahannya dalam setiap langkah perjuangan mu.
            Demikianlah uraian singkat dari saya, semoga kita semua bisa mengambil manfaatnya. Terima kasih atas kesempatan dan perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Saya akhiri dengan sebuah pantun...

Jalan-jalan ke kota bengkulu
Pulangnya mampir dulu ke pasar purwodadi
Terus berjuang bapak ibu guruku
Memberikan inspirasi bagi seluruh anak negeri

Assalammualaikum Wr. Wb.


Nb : Naskah Pidato ini digunakan oleh salah satu juara perlombaan pidato siswa SD di Propinsi Bengkulu

6 komentar: