Senin, 02 Januari 2012

Menjadi Seorang Marketer Handal*

Bekerja di dunia marketing memang membutuhkan perjuangan ekstra keras bila ingin produk nya "dilirik" oleh sang raja (baca: pembeli). Tapi bila kita sudah mampu mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya, puasnya minta ampun bro...hehehehe, serasa lepas semua beban yang ada di pundak. Namun tak banyak orang (baca : Marketer) yang mampu melewati perjalanan panjang menuju garis finish itu dengan tenang dan memuaskan. Semua itu bisa terjadi karena dirinya kurang "dongkrak" atau tekniknya yang kurang mumpuni.
Pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi bagaimana caranya menjadi seorang marketer yang handal, semoga tulisan ini bisa sedikit menginspirasi.

1. Menjadi seorang marketer adalah sebuah pilihan bijak untuk menjadi orang yang pandai berkomunikasi, "merayu" adalah ciri khas utama seorang marketer agar produknya laku dijual.hehehe...maka sudah pasti dibutuhkan mental yang maha dahsyat agar tak luluh oleh penolakan, bahkan cacian oleh calon pembeli yang ditemui.
2. Seorang marketer harus berusaha semaksimal mungkin berpenampilan menarik (tidak harus tampan dan cantik hehehehe),yang penting berpenampilan rapi dan mengesankan. selain itu juga memiliki teknik komunikasi yang baik agar "sang calon pembeli" tertarik dengan produk yang ditawarkan dan menanggapi dengan baik, walaupun mungkin awalnya ditolak, tapi yang terpenting tak sengaja kita telah memperluas jaringan kita. Bagaimana caranya berkomunikasi yang baik?ini memerlukan pembelajarn dan latihan yang terus menerus...di toko-toko buku sudah banyak beredar yang membahas tentang teknik komunikasi ini.
3. Selanjutnya yang juga penting diingat sebelum kita berani berhadapan dengan calon pembeli adalah kita harus menguasai secara detail mengenai produk yang akan kita jual. Kelebihan, kekurangan dsb mengenai produk tersebut menjadi modal untuk diramu dalam teknik komunikasi kita.
4. Kuasai situasi dan kondisi area penjualan, mulai dari karakternya, situasi dan kondisi pasarnya dan lain sebagainya...jangan sampai kita terjebak atau kita yang menjebakkan diri hehehehe...(mengerti kan?)
5. Jangan lupa sambil bekerja keras senantiasa berdoa, ini yang paling penting...

Demikian "jurus" singkat untuk menjadi marketer handal, butuh MENCOBA dan MENCOBA untuk melihat hasilnya...Salam Sukses!!!

*Oleh : Arhamin Kr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar